English Club STIA Banten Goes to School

English Club STIA Banten atau disapa EC merupakan salah satu unit kerja mahasiswa dalam bidang bahasa Inggris. Prestasi EC sudah diakui perguruan tinggi lain di Banten, karena sering masuk ke semi final perlombaan debat tingkat mahasiswa.  Pada tahun 2017, EC memberanikan diri untuk tampil diajang perlombaan NUDC tingkat kopertis wilayah IV di Bandung, Jawa Barat.

Meskipun hasilnya belum memuaskan, namun semangat EC sangat tinggi untuk menunjukkan STIA Banten sebagai sekolah administrasi yang unggul di bidang bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting untuk dipelajari karena sebagai bahasa internasional. Untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian ke masyarakat. EC mempunyai program kerja yang diberi nama” EC Goes to School”.

Kegiatan Program kerja tersebut adalah mengajar bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Program EC Goes to School mendapat apresiasi dari pimpinan STIA Banten. “Program ini harus rutin dilakukan karena menumbuhkan minat berbahasa Inggris harus diawali sejak dini,” kata Ketua STIA Banten, Ir. Pryo Handoko, MM kepada Kabar Banten, Selasa (23/1/2018).

Ia mengatakan, sekolah dasar yang pertama dikunjungi EC yakni SDN 1 Pagadungan. Kegiatan ini merupakan program rutin dari English Club STIA Banten. Tujuannya untuk mengenalkan bahasa Inggris sejak dini. Program ini secara langsung mengajarkan bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar dan berbagi alat tulis. Program tersebut diharapkan berguna bagi siswa sekolah dasar.

Selain itu, program mengajar bahasa Inggris bisa melatih para anggota EC agar lebih menguasai bahasa Inggris. Kegiatan lainnya, unit kerja mahasiswa (UKM) STIA Banten Choir terus berlatih paduan suara persiapan wisuda ke-10 STIA Banten. UKM yang sering dipanggil dengan sebutan HSC ini memiliki program kerja rutin mengisi agenda besar di kampus. Di antaranya mengisi agenda wisuda, seminar wajib dan perlombaan paduan suara.

UKM tersebut lahir sejak tahun 2015 dan merupakan cikal bakal dari UKM Kesenian. Di antaranya meliputi beberapa cabang seni yaitu seni tradisional, seni musik moderen, fotografi, dan jurnalistik. Untuk menjaga kekompakan, HSC secara rutin berlatih setiap minggu di sela kesibukan perkuliahan. Dalam latihan rutin, HSC kini dilatih dengan pelatih profesional. “Latihan ini untuk melahirkan prestasi bidang paduan suara. Dan para anggota sangat antusias mengikuti latihan paduan suara,” ujar Ketua HSC, Nika Nurfitri, Selasa (23/1/2018).

Menurut mahasiswi semester 7 ini, kehadiran HSC kini memiliki 50 anggota. Saat ini sedang melaksanakan kegiatan persiapan acara Wisuda STIA Banten ke-10 yang akan dilaksanakan Kamis (25/1/2018). “Semakin dekatnya waktu pelaksanaan wisuda, maka porsi latihan diperbanyak. Agar hasilnya memuaskan. Apalagi mahasiswa sudah memasuki masa libur ujian akhir semester (UAS) ganjil,” ujarnya.

Beberapa lagu yang akan ditampilkan HSC dengan aransemen yang menarik. Seperti lagu wajib dan lagu bebas yang sedang hits di masyarakat. Latihan dilakukan di dalam dan di luar ruangan kampus agar suasana latihan nyaman dan dapat memaksimalkan suara. (Endang Mulyana)***