Sejarah Singkat

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN

Keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten (STIA Banten) tidak terlepas dari keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) yang didirikan oleh dosen-dosen senior FISIP Universitas Indonesia melalui Yayasan Ilomata pada tahun 1983.Pada tahun 2003 STIAMI memperoleh akreditasi A untuk Program Sarjana (S1) Jurusan Administrasi Niaga dan Administrasi Negara. Melalui kerja keras dan komitmen yang tinggi terhadap kualitas, pada tahun 2004 Program Pasca Sarjana (S2) Magister Ilmu Administrasi STIAMI memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional.

Pada tahun 1999 STIAMI mengembangkan Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPJJ) di kabupaten Lebak provinsi Banten. Keberadaan UPJJ tersebut ternyata mendapat sambutan dan antusias yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat. Melihat tingginya animo dan minat masyarakat terhadap program pendidikan yang dikelola oleh STIAMI tersebut. Berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten (STIA BANTEN) yang berkedudukan di Pandeglang. Keberadaan dan kelahiran STIA BANTEN tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, terutama Bupati dan Wakil Bupati saat itu yaitu H.A. Dimyati Natakusumah dan H.M. Mudjio A. Satari serta tokoh masyarakat, dan tokoh pendidikan di Pandeglang.

STIA BANTEN memperoleh izin penyelenggaraan program studi dan pendirian dari Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 141/D/O/2002 tertanggal: 8 Juli 2002, dengan program studi:

  1. Ilmu Administrasi Negara untuk jenjang sarjana (S1)
  2. Ilmu Administrasi Niaga untuk jenjang sarjana (S1)

Saat ini STIA BANTEN telah mendapat perpanjangan ualng izin profram studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia berdasarkan surat Dirjen Dikti:

  1. NOMOR : 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013.Program Studi Ilmu Administrasi Negara, status Akreditasi B sejak tanggal 22 Nopember 2013 sampai dengan 22 Nopember 2018.
  2. NOMOR : 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013.Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, status Akreditasi B sejak tanggal 13 Desember 2013 sampai dengan 13 Desember 2018.