STIA Banten Sembelih Hewan Kurban

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Banten menyembelih dua kambing pada Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017, Senin (4/9/2017) di halaman kampus setempat.

Kedua kambing kurban tersebut bersumber dari dua orang pengurban yaitu Ketua STIA Banten dan pejabat yayasan Ilomata di lingkungan STIA Banten. Proses pemotongan hewan kurban disaksikan langsung para pengurban beserta staf karyawan STIA Banten.

Ketua pemotongan hewan kurban STIA Banten, Ahmad Didi Rosyadi, S.AB., MA. mengatakan, pemotongan hewan kurban dilakukan setiap Hari Raya Idul Adha. Daging hewan kurban dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus.

“Berkurban saat Hari Raya Iduladha sangat dianjurkan kepada siapa saja umat Muslim yang sudah mampu dalam hal ekonomi. Dalam sejarahnya, disebutkan dalam Al-quran, Allah SWT memberi perintah melalui mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan Ismail. Disebut dalam Alquran bahwa Ibrahim dan Ismail mematuhi perintah tersebut dan tepat saat Ismail akan disembelih, Allah menggantinya dengan domba,” kata Didi.

Ditambahkan Didi, dari sejarah tersebut bisa diambil pelajaran tentang ketakwaan dan kesabaran antara Ibrahim dan putranya Ismail dalam menjalankan perintah Allah. Dengan berkurban ini, makna tersebut bisa menjadi penguat dan penambah iman Islam kepada seluruh umat muslim. (Apriyadi)