STIA Banten Menggelar Sekolah Ramadhan

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengisi bulan suci ramadhan agar Bulan Suci ramadhan yang penuh dengan bekah, hikmah dan ampunan ini tidak terlewati begitu saja, Ramadhan yang setiap tahun datang, dan seluruh umat muslim di dunia melaksanakan kewajiban puasa untuk semata-mata sebagai wujud kesetiaan kepada penciptanya (al-khaliq) yakni Allah Swt.

Pada hakikatnya Puasa Ramadhan memiliki tujuan selain menjadi kewajiban atas seorang muslim yang beriman, puasa ramadhan pada intinya bertujuan membentuk hamba Allah agar bertakwa, sesuai dengan firman Allah yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat :183 yang artinya : “Hai orang –orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkannya sebelum kamu, agar kamu sekalian bertakwa”.

Pada Ramadhan tahun ini pun Sekolah Tinggi Ilmu Admnistrasi Banten melalui  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Baabul Falahiiyah (LDK Baabul Falahiyyah), dalam rangka mengisi dan juga sebagai syiar Ramadhan melaksanakan sebuah program kegiatan yang diberikan nama Sekolah Ramadhan 1438 H, dimana kegiatan ini adalah baru pertama kali dilaksanakan di kampus STIA Banten, dengan melibatkan peserta dari mahasiswa dan siswa dan siswi tingkat SLTA se-Pandeglang.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai dari hari rabu dan kamis, 07-08 Juni 2017, pukul 13.00 s.d 18.00, yang  bertempat di Masjid Nabil Zain STIA Banten. sekolah ramadhan  ini dilaksanakan dengan tujuan ajang silaturrahmi pelajar dan mahasiswa se-pandeglang, selain itu kegiatan inipun bertujuan untuk bersama-sama menimba ilmu pengetahuan keagamaan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, materi yang disampaikannyapun sangat tepat untuk pembekalan pengetahuan agama islam seperti Tuntunan menjadi Khotib dan Imam sesuai dengan syariat islam, juga materi tentang Tata cara pengrusan jenazah (kaifiyat jenazah), materi materi tersebut sangat bermanfaat khsusnya di masyarakat kita, yang biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukanya, padahal kita sebagai seorang muslim harus bisa juga melakukannya. Kata Ahmad Didi Rosyadi, S.AB,M.A selaku pembina LDK Baabul Falahiyyah STIA Banten.

Kegiatan sekolah ramadhan tahun ini diikuti lebih dari 100 orang yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa yang berasal dari wilayah pandeglang dan sekitarnya, dan pada sekolah ramadhan ini pun tidak dikenakan biaya sepeserpun alias (gratis), Selain mendapatkan materi agama, peserta juga mendapatkan akativitas out door seperti games ringan yang dilaksanakan di lapangan sport center STIA Banten, Tausyiah (Kultum), Pembagian Doorprize, dan Buka Puasa bersama.

Salah satu peserta Annisa perwakilan dari SMA N 2 pandeglang, sangat senang dan bahagia karena dapat mengikuti kegiatan sekolah Ramadhan di Masjid Kampus STIA Banten, selain ajang silaturrahmi antar pelajar juga menambah pengetahuan keagaaman khususnya dalam pengurusan jenazah karena materi ini yang memang akan jelas dilaksanakan di masyarakat.

Pada saat penutupan salah satu orangtua peserta yang hadir menuturkan bahwa sangat berterima kasih kepada panitia khususnya STIA Banten, Yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan berharap kelak anak-anaknya dapat menjadi penerus yang bisa dibanggakan bagi nusa bangsa dan agama khususnya. Selain itu Ihin Solihin, S.AP., M.Si selaku wakil ketua III STIA Banten pada saat sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan in sya Allah Program sekolah ramadhan ini akan menjadi agenda rutinitas kampus selain dari event-event ramadhan lainnya.