MAHASISWA STIA BANTEN TERPILIH MENGIKUTI KEGIATAN EKSPEDISI NUSANTARA JAYA 2017

Mahasiswa jurusan administrasi negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten (STIA BANTEN) terpilih mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) tahun 2017. Beliau adalah Asep Aryadi yang lulus seleksi ENJ jalur pemuda mahasiswa diantara 2.000 pemuda se-Indonesia Rute pelayaran Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) yang telah dilaksanakan sejak 2015 silam merupakan program dari Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. Adalah kegiatan besar untuk melakukan aksi nyata para pemuda dan mahasiswa guna mencapai Indonesia menuju Poros Maritim Dunia, dengan melakukan pengabdian di seluruh pelosok daerah, para peserta melakukan program yang bersipat sosial ekonomi dalam rangka mewuhudkan pemerataan pembangunan. Pada tahun 2017 ini, ENJ akan dilaksanakan di 34 Provinsi di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Marauke.

Sebanyak 12.353 orang pendaftar pada ENJ 2017 kali ini. Dengan seleksi yang sangat ketat dari panitia pusat, Namun kuota yang tersedia hanya 3.068 orang.. Mereka terdiri dari 68 siswa, 1.000 mahasiswa, dan 2.000 pemuda mahasiswa umum. 3.068 peserta ini adalah siswa (yang belajar di Sekolah Maritim), Mahasiswa (untuk Perguruan Tinggi yang telah menerima undangan dari Kemenko RI), dan pemuda (berusia 16-30 thn), dan mahasiswa yang Perguruan Tingginya tidak diundang oleh Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. Misi ENJ dilaksanakan mulai 1 Juli 2017 sampai 31 Oktober 2017.

“Ketika melakukan pendaftaran saya sempat pesimis, kuota sedikit dan jumlah pendaftar yang banyak, tapi alhamdulillah saya mampu bersaing dan lolos,” ungkap Asep Aryadi.

“Mahasiswa itukan sebagai agent of change, agen perubahan, kita sebagai mahasiswa harus berkontribusi nyata untuk masyarakat, itu dasar saya mengikuti kegiatan ekspedisi nusantara jaya ini” tambahnya.

Beliau juga mengapresiasi pihak kampus yang mendukung dirinya dalam kegiatan ini “Terima kasih atas dukungan kampus yang mendukung penuh keikutsertaan masahasiswanya diajang nasional, ini membuktikan mahahasiswa STIA Banten mampu bersaing di tingkat Nasional, saya Bangga kuliah di STIA Banten”