LPPM STIA BANTEN GELAR PELATIHAN E-JOURNAL

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STIA Banten mengadakan Pelatihan Penulisan dan Publikasi Jurnal dengan Berbasis Open Journal System (OJS). OJS adalah sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website, yang meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, arsip dan indeks jurnal.

Peserta pelatihan ini adalah para Dosen Tetap dan Pengelola Jurnal STIA Banten serta para dosen dan pengelola jurnal dari perguruan tinggi mitra yang ada di Provinsi Banten, yaitu dari Akbid Aisyiyah Serang, Akper Yatna Yuana Lebak, serta Akademi Akuntansi Keuangan dan Perbankan Indonesia. Sedangkan Instruktur/Fasilitator/Nara Sumber berasal dari UPT Pusat Data dan Informasi (Pusdainfo) Universitas Tirtayasa Serang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 1 April 2014 bertempang di gedung LPPM, Jl. Arief Rahman Hakim, Sumur Buang, Cibadak, Lebak Banten. Adapun materi pelatihan ini meliputi: Pembuatan website jurnal; Proses submisi penulis; Pengkoreksian (Peer review); Pengeditan; Publikasi; Arsip; dan Indeks jurnal.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM STIA Banten, Atik Atiatun Nafisah mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan implikasi dari kebijakan Dikti No 1 Tahun 2014 dan Peraturan Kepala LIPI No 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala. Dengan adanya kebijakan yang baru ini, menuntut kita sebagai dosen/peneliti/pengelola jurnal ilmiah untuk melakukan penyesuaian paradigma berfikir dalam penulisan dan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah yang akan diterbitkan. Sehingga harapan meningkatnya reputasi terbitan berkala ilmiah yang dimiliki perguruan tinggi akan terwujud.