“Competitive Advantage”

Oleh: Irmayanti

Ilmu tentang ekonomi mengajarkan kita tentang dua konsep besar yang saat ini dijadikan sebagai landasan konsep hubungan internasional yang mencakup hubungan ekonomi antar Negara. Pelajaran itu menyampaikan tentang bagaimana teori tentang competitive advantage dan comparative advantage. Keunggulan comparative adalah keunggulan yang dimiliki oleh semua Negara. Sedangkan keunggulan competitive adalah keunggulan yang hanya dimiliki oleh satu Negara. Kedua konsep ini memiliki keunikan tersendiri dalam hubungan antar Negara.

Tidak ada satupun Negara yang bisa berdiri sendiri. Kebutuhanlah yang membuat Negara-negara saling tergantung. Namun ada sebuah konsep yang kedua Negara tidak dapat menghindarinya. Sebab, saat Negara lain membutuhkan, namun Negara yang bersangkutan tidak memiliki sumber daya tersebut. Itulah konsep competitive advantage, dimana keunggulan khusus dimiliki diri sendiri namun orang lain tidak memiliki. Namun dalam konteks ini kita hanya akan membahas bagaimana keunggulan kompetitif dapat diadaptasi dalam dunia pendidikan.

Bila kita adapatasi salah satu konsep di atas. Saat ini STIA Banten memiliki keunggulan “competitive”. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang umurnya baru seumur jagung. Kampus yang beralmamater biru ini jauh melesat meninggalkan perguruan tinggi swasta lain yang ada di Banten. Ini patut disyukuri sebab tidak mudah membangun kelembagaan yang kredibel di tengah peraturan yang sangat ketat dari pemerintah. Ditambah lagi dengan kasus yang belakangan muncul, dimana maraknya perguruan tinggi abal-abal yang hanya menjual gelar namun proses akademiknya tidak dijalankan.

Keunggulan “competitive” yang dimaksud adalah kurikulum yang link and match dengan dunia kerja. Kualitas dosen yang mumpuni. Praktisi yang mendominasi. Bahkan ditambah lagi dengan penambahan sarana gedung baru yang representative bagai karyawan dan mahasiswa untuk mengembangkan pelayanan dan keilmuan yang menjadi kawah candradimuka dalam menghadapi tantangan global.

Sarana yang baru, etos kerja keras, ditambah lagi dengan kerja cerdas membuat STIA Banten memiliki imunitas yang tinggi terhadap terpaan persoalan global maupun lokal. Sudah menjadi tradisi bahkan nilai yang tertanam dalam kelembagaan kampus. Bahwa STIA Banten memiliki keunggulan yang taat asas terhadap segala peraturan perundang-undangan yang ada. Sehingga kualitas mutu pendidikan yang dihasilkan STIA Banten dapat disejajarkan dengan perguruan tinggi bergengsi lainnya. Mental mampu bersaing juga menjadi faktor determinan dari lembaga yang program utamanya menghasilkan lulusan akademik yang siap pakai.

Selain itu, kerjasama yang apik antar mahasiswa dan manajemen menghasilkan perpaduan menarik yang tak terbantahkan. Mahasiswa sebagai motor utama humas kelembagaan menjadi corong terdepan wajah STIA Banten di mata publik. Selain itu lulusan yang telah menempuh pendidikan di STIA Banten juga membantu memasarkan STIA Banten. Mereka sangat kredibel dan berkualitas. Kini lulusan STIA Banten telah berada di berbagai bidang pekerjaan yang tersebar disektor pemerintahan, swasta, bahkan ada yang aktif di lembaga non profit.

Bila terus menerus seperti ini, dengan sendirinya pasar akan menjalankan hukum suplay and demand. So, jangan ragu untuk kuliah di STIA Banten.