Apem Putih Khas Pandeglang Menjadi Menu Berbuka Puasa

Kebahagiaan orang yang sedang berpuasa adalah pada saat berbuka puasa, puasa ramadhan bertujuan untuk membuat diri kita menjadi insan yang bertakwa kepada Allah SWT. Ada hal yang menarik di setiap bulan suci ramadhan datang, salah satunya adalah banyaknya menu makanan berbuka puasa, biasanya orang-orang kebanyakan berbuka puasa dengan yang manis-manis terlebih dahulu sesuai dengan tuntunan sunah Rosulullah SAW. Dan anjuran Rosul untuk makanan   berbuka puasa ta’jil salah satunya adalah kurma, karena kurma mengandung banyak kandungan vitamin yang ada didalamnya.

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing yang dapat menjadi sajian menu berbuka puasa. Salah satu makanan khas pandeglang yang sering menjadi salah satu menu berbuka puasa adalah Apem Putih. Teksturnya yang kenyal dan masih sangat alami ini menjadi momo menu berbuka puasa khususnya di pandeglang. Apem putih termasuk makanan yang masih dijaga dari generasi ke generasi. Proses pembuatannyapun tidak sulit, awalnya bahan baku seperti beras direndam selama dua jam. Kemudian, beras digiling menjadi tepung dan dicampur dengan tape. Setelah adonan tercampur, selanjutnya diulek dan diberi air secukupnya, adonan dimasukkan ke dalam cetakan dari daun pisang sepet untuk dikukus sampai matang. Agar lebih nikmat saat mencoba mencicipi makanan khas pandeglang tersebut bisa ditambahkan dengan air gula aren(gula merah) atau dengan sirup,  Lalu siap disajikan.

Keberadaan makanan khas pandeglang tersebut tidak sulit didapatkan karena sudah banyak di jual di beberapa pasar tradisional sampai di rumah makan / restoran sekalipun. Olahan ini juga dapat dijumpai di jajaran para penjual apem khas Cimanuk di Pasar Pandeglang, atau jika kita berpergian menjuju arah labuan maka akan terlihat para penjual asongan apem putih tersebut menjajakan olahannya, para pedagang biasanya memulai kegiatannya dari pagi pukul 07.00 sampai menjelang berbuka puasa di sepanjang jalan batu bantar cimanuk pandeglang. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.15.000 Anda bisa membawa pulang apem putih. Apem putih juga cocok menjadi pilihan oleh-oleh berkunjung ke Pandeglang.

Penulis : Ahmad Didi Rosyadi